Salah Satu Timses Calon Kepala Desa Sukaramai: Data Zaman Majapahit Dijadikan Daftar Pemilih Tetap

Salah Satu Timses Calon Kepala Desa Sukaramai: Data Zaman Majapahit Dijadikan Daftar Pemilih Tetap
Kantor Kepala Desa Sukaramai Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari, Foto: Ragas JIS

Batanghari, Jambi - Pemilihan Calon Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi hanya tinggal menghitung hari lagi. Jelang pelaksaan sudah dijadwalkan jelas sebagai acuan kerja para penyelenggara Pilkades yang ada di Desa-desa tersebut, Senin (19/07/2021).

Proses tahapan sebelum adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada Daftar Pemilih Sementara, dan lanjutkan daftar pemilih tambahan dan baru ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap. Dengan proses tersebut diharapkan agar tidak terjadi kesalahan atau penggelembungan DPT.

Indra salah satu tim sukses juga didampingi calon kepala Desa Sukaramai Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari nomor urut satu Muhamad Safii mendatangi balai desa mengatakan kepada salah satu panitia pemilihan desa dan sekretaris desa, hasil persetujuan DPT yang sudah ditanda tangani banyak data ganda dan masyarakat yang tidak ada dimasukkan tanpa adanya persetujuan dari para calon.

“Ada daftar warga dari RT 11 dan RT 12, padahal di Sukaramai RT hanya sampai dengan 10. Ini DPT zaman majapahit yang dibuat, tidak ada hasil DPT terbaru dari KPPS yang turun mendata, selain itu juga ada pembahan DPT dari warga yang sudah lama tidak ada di Sukaramai dimasukkan tanpa ada persetujuan dari para calon kepala desa, ” ungkapnya.

Ditambahkannya, ketua RT mengaku tidak ada koordinasi dari KPPS terkait data kependudukan, yang seharusnya ketua RT menjadi acuan kevalidan data warga setempat.

“Pada saat penetapan DPT, PPS Desa Sukaramai tidak melibatkan ketua RT, para calon kepala desa tidak mendapatkan print nama pemilih yang seharusnya menjadi acuan para calon atas persetujuan dan pertimbangannya, sehingga para calon hanya mengangguk-ngangguk saja karena dibaca namanya tanpa penjelasan.”

“Ada juga kepala RT 04 ada nama yang bukan menjadi warganya dan sudah disebutkan kepada panitia bahwa itu bukan warganya, namun dalam hasil DPT yang sudah dibuat nama tersebut tetap muncul dalam DPT, ” pungkas Indra.

Indra menambahkan, seharusnya KPPS mendata melibatkan ketua RT, selanjutnya dimusyawarahkan bersama dengan para calon kepala desa dengan memberikan print nama-nama DPT untuk dimusyawarahkan adanya penambahan atau pengurangan bersama para calon, bukan keputusan panitia itu sendiri.

“Sebelumnya sudah saya peringatkan kepada ketua pemungut suara pemilihan kepada desa untuk diperbaiki, namun hingga saat ini tidak diperbaiki dengan alasan DPT tersebut sudah ditanda tangani. Apabila hal ini tidak bisa diperbaiki, maka dirinya akan meminta Kepada Dinas PMD untuk menindak lanjuti”, tuturnya.

Calon Kepala Desa Muhamad Safii mengatakan, sebelumnya dirinya bersama para calon meminta data salinan DPT sebagai acuan saat penyampaian DPT, namun tidak dapat.

“Kami kemarin tidak dapat salinan dari para panitia sebagai acuan kami, lebih baik kita bermusyawarah disana terkait DPT ini dari pada sudah selesai seperti ini. Dan sekarang kenapa setelah kami dapat DPTnya ada nama yang ganda, nama masyarakat yang sudah meninggal, dan tambahan tanpa persetujuan kami para calon, ” tuturnya.

“Ada juga warga yang sudah jelas warga Sukaramai tidak masuk dalam DPT, kenapa? Mengenai hal ini kami ada kecurigan antara panitia dan pengawas, ada apa?, ” tanya Muhamad Safii.

Sekretaris Desa Sukaramai Isnaini mengatakan, terkait aduan ini, akan kita koordinasi lagi dengan panitia penyelenggara dan BPD Desa Sukaramai.

“Nanti koordinasi dulu dengan panitia penyelenggara pemilihan desa dan rapat lagi menyelesaikan permasalahan ini dan kita dudukkan lagi jangan sampai ada permasalahan lagi yang timbul, ” tutup Sekretaris Kepala Desa Isnaini.

(Randy)

Batanghari Jambi
Randy Pratama

Randy Pratama

Previous Article

Ini Dia Tanggapan Dari Inspektorat dan Kejari...

Next Article

Wabup Batanghari Bakhtiar Rapat Koordinasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 205

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 183

Postingan Tahun ini: 183

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 135

Postingan Tahun ini: 135

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 120

Postingan Tahun ini: 120

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

Pemilu 2024 Diundur? Ini Komentar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas
Hadiri Ground Breaking RS Muhammadiyah, Kapolri Dukung Penuh Program Kesehatan dan Pendidikan Masyarakat
Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital